Tips Menghambat Global Warming


Menerut para ahli, saat ini yang paling berbahaya bagi kita semua bukanlah flu babi atau penyakit serius lainnya. Namun, ancaman terbesar saat ini ialah "Global Warming".

Apakah sebenarnnya global warming itu?. Global Warming atau pemanasang global ialah peningkatan suhu permukan bumi akibat panas yang diterima dari matahari ke bumi tidak dapat dipantulkan lagi secara efektif ke angkasa karena kadar karbon dioksida terlalu banyak terkumpul diudara. Akibatnya, panas di bumi akan meningkat dan akan memimcu berbagai bencana alam lainnya.

Jadi, apa yang harus kita lakukan untuk bumi kita ini. Berikut tips yang dapat kita lakukan untuk menghambat laju pemanasan global:

1. Pastikan lampu dan peralatan elektronik lainnya telah dimatikan saat ruangan tidak digunakan lagi.

2. Gunakan lampu neon sebagai ganti lampu biasa. Walaupun harga neon lebih mahal dari lampu pijar, namun lampu ini 8 kali lebih awet dan hemat.

3. Gunakan cara ilmiah untuk mengusir hama, seperti menjaga kebersihan dan menutup makanan yang mengundang semut, kecoa, dan serangga lainnya.

4. Tanam pohon dan tanaman lainnya di halaman rumah kamu.

5. Jika kamu mempunyai tanaman, kumpulkan daun, buah dan sayuran busuknya kemudian buatlah kompos.

6. Hindarkan pembuangan sampah pada toilet seperti puntung rokok atau bungkusan plastik karena proses hancurnya memerlukan waktu hingga puluhan tahun.

7. Gunakan sinar matahari sebagai penerangan. Pertimbangkanlah keperluan lampu untuk dinyalakan.

8. Saat memfotokopi dan menulis di kertas, sebaiknya gunakan secara timbal balik.

9. Hamatlah energi dan kurangi karbondioksida dengan mematikan mesin saat tidak terpakai.

10. Gunakan cangkir keramik atau gabah, jangan menggunakan cangkir yang terbuat dari sterofoam (terbuat dari gabus yang hanya sekali pakai) saat minum kopi.

11. Minimalkan pemakaian plastik. Jangan membakar sampahnya, lebih baik di daur ulang.

12. Hematkanlah pengunaan air.


Meskipun pemanasan global tidak dapat di pulihkan, tapi setidaknya kita ada usaha untuk memperlambat laju pemanasan global. "Mari Jaga Bumi Kita!"


0 comments:

Post a Comment