Trik Menghapus Virus Handphone di Ponsel

Mungkin kamu pernah mengenal atau mungkin pernah terserang sebuah virus symbian (OS Symbian) yang kerjanya mengirimkan file multimedia pada saat pesan masuk kamu terima. Bagi kamu yang belum tau cara menghapus virus ini, mungkin langsung saja kamu serahkan handphonemu pada konter dengan harga sekian puluh ribu.

Pada artikel ini, saya akan berbagi sedikit trik untuk membantu kamu memecahkan masalah seperti diatas.

Hal pertama yang harus persiapkan sebelum menghapus virus seperti tadi yakni:

1. Matikan pengaturan GPRS kamu terlebih dahulu (ini bertujuan agar pulsamu tidak habis terkuras karena virus tsb. terus-menerus mengirim file multimedia)
2. Install x-plore (x-plore adalah aplikasi file manager. Apabila handphone yang kamu gunakan s60v1, install saja x-plore v 1.22 dan atur tanggal pada handphonemu sebelum tahun 2009, buat saja tahun 2008).

Setelah langkah-langkah tadi telah kamu lakukan, maka kita dapat melangkah ke tahap selanjutnya. Pada tahap ini mari kita mulai dengan penggunaan x-plore dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka x-plore yang telah kamu install sebelumnya.
2. Virus yang saya jelaskan diatas (karena saya belum tau namanya) terletak pada drive c:\(memori internal) dan e:\ (memori external). Letak detailnya pada c:\system\apps dan pada e:\system\apps. Pada folder apps terdapat 2 yang berekstensi .exe dan .sis yang merupakan file virus tsb.
3. Perlu digaris bawahi bahwa virus yang terdapat pada e:\ dapat dihapus langsung pada komputer dengan cara melepaskan memory eksternal dan hubungkan memory melalui card reader ke komputer. Jika virusnya sudah dihapus, jangan memasukkan lagi memory ke handphone kamu sebelum memory internalnya sudah aman dari virus.
4. Setelah tau letak virusnya, sekarang kita dapat menghapus virusnya pada drive c:\.
5. Namun sebelumnya, virus yang masih bekerja tidak akan bisa dihapus langsung. Jadi untuk menghapus virus yang berada pada drive c:\ (memory internal) tidak dapat langsung dihapus. Virus yang masih bekerja harus dihentikan dahulu prosesnya.
6. Langkah pertama sebelum mematika proses kerja virus yaitu, lihat nama file virus tadi dengan ekstensi .exe dan ingat nama file tsb. Kemudian pada x-plore tekan menu, tools, processes. Lalu kamu akan melihat daftar semua sytem yang sedang aktif. Kemudian cari nama file tadi dan tekan menu, terminate atau tekan tombol c pada handphone kamu.
7. Langkah penghentian kerja virus telah kita lewati, artinya sekarang kita dapat langsung menghapus file virus tadi yang berada pada drive c:\.

Itulah sedikit trik dari saya, semoga dapat berguna bagi anda semua. Jika ada pertanyaan silahkan komentar.

0 comments:

Post a Comment