Fakta Tentang Mimpi

Siapa sih yang tidak mengenal mimpi. Semua orang pasti pernah bermimpi, terkecuali seseorang yang memiliki kejiwaan yang parah

Jadi, apa sebenarnya mimpi itu?. Mimpi adalah aktivitas komunikasi antara pikiran, jiwa dan raga. Sebenarnya setiap saat kita selalu bermimpi, namun mimpi yang kita alami saat kita sedang tidak tidur berlangsung pada pikiran bawah sadar kita.

Inilah beberapa fakta yang diungkapkan oleh para penelitian:

1. Orang buta juga bermimpi. Mimpi orang buta tidaklah sama dengan manusia normal. Mereka tidak memimpikan gambar-gambaran seperti yang kita mimpikan, namun mereka hanya memimpikan emosi, suara-suara dan sentuhan yang pernah mereka rasakan

2. Saat bermimpi semua anggota tumbuh akan lumpuh. Coba saja kamu bayangkan jika saat bermimpi, seluruh anggota tubuhmu berfungsi dengan baik, termasuk kaki mu. Pastilah kamu akan berlarian keluar rumah saat tidur lelap.

3. Saat terbangun dari tidurmu, kamu akan melupakan 90% dari mimpimu. Saat 5 menit pertama setelah terbangun dari tidur, kamu akan melupakan 50% dari mimpimu. Dan saat 5 menit berikutnya kamu akan melupakan 90% jalan cerita mimpimu.

4. Kita hanya memimpikan apa yang pernah kita alami. Cerita yang kita alami dalam bermimpi sebenarnya penggalian memori otok kita yang sudah di save sebelumnya melalui indra kita. Mungkin kita pernah bermimpi orang yang tidak kita kenal, namun sebenarnya orang tersebut pernah kita lihat sebelumnya

5. Tidak semua mimpi kita berwarna. Menurut penelitian 12% orang normal mimpinya hitam-putih dan selebihnya full-color (kaya' majalah aj)

6. Mimpi tidak seperti apa yang kita lihat. Meskipun mimpi itu menggali memori otak kita kembali berdasarkan apa yang kita alami, namun mimpi kita tidak akan sama persis dengan yang kita alami. Melainkan otak kita akan membuat skenario baru berdasarkan yang telah disimpan di otak kita.

7. Mimpi dapat mencegah gangguan emosi. Telah dilakukan percobaan pada orang yang dibangunkan pada saat baru bermimpi, namun masih diperbolehkan untuk tidur 8 jam setiap harinya. Setelah 3 hari, orang tersebut mengalami gangguan konsentrasi, gampang emosi, halusinasi dan tanda-tanda gangguan emosi lainnya.

8. Semua orang pernah bermimpi. Seperti saya ungkapkan diatas bahwa semua orang pernah bermimpi kecuali orang yang memiliki gangguan kejiwaan yang parah.

Fakta lainnya:
- Saat sedang mendengkur kamu tidak sedang bermimpi
- Bayi tidak memimpikan dirinya hingga berusia 3 tahun. Dan saat anak berumur 3 sampai 8 tahun, anak lebih lebih sering mimpi buruk. Itulah jawabannya anak-anak sering menangis ketika bangun bangun dari tidurnya.

0 comments:

Post a Comment